DKI news

DKI news

Empat Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit By jeane https://bisnismetro.com/wp-admin/edit-tags.php?taxonomy=category Posted on 27 Juni 2016 Share Tweet Share Email Comments Shiroseven – Salah satu alat...

Empat Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit

Shiroseven – Salah satu alat pembayaran utama yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia selain kartu debit dan uang tunai adalah kartu kredit.

Keuntungan utama penggunaan kartu kredit adalah penundaan pembayaran, sehingga kamu tidak perlu memiliki saldo di bank untuk sejumlah transaksi yang akan kamu lakukan. Yang penting, limit kartu kreditnya masih mencukupi.

Kartu kredit sebenarnya sangat berguna untuk berhemat sehari-hari, apalagi untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat selama Ramadan, dengan catatan, kamu harus mengerti penggunaannya dengan baik. Untuk memakai kartu kredit dengan efektif, aplikasikan beberapa strategi cerdas berikut:

1. Hindari gesek tunai (Gestun)

Kartu kredit tidak sama dengan kartu debit. Jika kamu menarik uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan kartu kredit, maka akan timbul beban bunga. Besar bunga untuk gesek tunai bisa bervariasi antar bank (biasanya berada di sekitar 3 persen).

Bunga untuk transaksi gesek tunai ini juga dihitung secara harian, jadi bukanlah hal yang bijak jika kamu terlalu sering melakukan gesek tunai. Tingginya kebutuhan bulan Ramadan sebaikanya jangan dijadikan alasan Anda untuk melakukan transaksi ini

Baca juga: lima Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadan

2. Teliti membaca tagihan kartu kredit

Sekalipun saat ini teknologi sudah canggih, bukan berarti tagihan kartu kredit kamu tidak mungkin salah. Selalu pastikan bahwa seluruh tagihan yang tercetak adalah milikmu. Hal ini juga berguna untuk antisipasi jika ada pemakaian kartu kredit yang tidak pernah kamu lakukan.

Baca juga: 4 Tips Mudah Agar Tidak Gampang Termakan Iklan Cicilan Kartu Kredit

3. Jangan pernah telat melakukan pembayaran

Kamu perlu ingat dengan pasti batal tanggal pembayaran tagihan kartu kredit kamu. Jika lupa, kamu bisa melihat juga di lembar tagihan kartu kredit.

Konsekuensi saat kamu lupa dan terlambat membayar tagihan adalah membayar denda keterlambatan yang nilainya dihitung per hari keterlambatan.

Baca juga: 7 Uang Kertas dengan Nominal Terbesar di Dunia

4. Pelajari berbagai pengetahuan umum tentang kartu kredit

Pengetahuan umum kartu kredit merupakan hal dasar yang wajib kamu ketahui. Jika kamu hanya asal memiliki kartu kredit demi gaya-gayaan, maka kamu berada di dalam masalah besar.

Misalnya, apakah kamu tahu kalau pelunasan tagihan tidak penuh (misal, hanya mengikuti pembayaran minimum 10 persen) dapat mengakibatkan kamu menanggung beban bunga yang tinggi?

Demikianlah tips-tips dasar pengelolaan kartu kredit bagi pemula. Jika kamu sedang mencari kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu, sebaiknya manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

Komentar Anda

Isikan komentar Anda

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *