DKI news

DKI news

bisnismetro.com , Bandung – Ridwan Kamil berkunjung ke Kampung Seni Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kedatangan walikota Bandung ini diterima langsung oleh...

bisnismetro.com , Bandung – Ridwan Kamil berkunjung ke Kampung Seni Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kedatangan walikota Bandung ini diterima langsung oleh Dadan Sunandar Sunarya dan Batara Sena anak Dalang Wayang Golek Almarhum Asep Sunandar Sunarya.

Ridwan mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan dalam upaya menguatkan konsep Bandung Masagi atau pendidikan karakter berdasarkan kearifan adat Sunda.

“Bandung Masagi itu di dalamnya ada pendidikan budaya, agama, lingkungan dan bela negara,” ujar Ridwan kepada wartawan saat ditemui di Padepokan Giriharja, Minggu (28/5/2017).

Di tahun 2017 Kota Bandung adalah tahun budaya. Pemkot Bandung akan bangun pusat budaya di Cibiru dan menggelar perayaan tahun budaya Sunda dengan mengumpulkan para seniman pada Oktober mendatang.

Rencananya, dalam perayaan tahun budaya itu akan menggunakan media wayang golek untuk menangkal konten negatif yang berpotensi muncul dari perkembangan teknologi. Pihaknya akan menghadirkan pertunjukkan wayang seminggu tiga kali di tempat yang berbeda dengan penonton anak-anak sekolah dasar (SD).

“Dengan rencana itu Insya Allah budaya wayang juga bisa kita pertahankan, saya punya ketentraman anak di Bandung bisa dibentengi dengan program nonton wayang,” ungkap Ridwan.

Dalam kunjungannya Ridwan berganti peran menjadi dalang dadakan di Padepokan Giriharja. Tokoh yang dipilih yakni Gatot Kaca dan Arjuna. Dalam lakonnya, Ia menyampaikan pesan mengenai ibadah puasa Ramadhan.

“Menyambut bulan Ramadan Gatot Kaca mengucapkan selamat menunaikan ibadah saum 1438 Hijriah, semoga warga muslim lebih beriman, lebih bertaqwa, lebih soleh dan tamat saumnya,” ujar menutup sambil memainkan wayang Gatot Kaca (Red)

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *