DKI news

DKI news

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi S.E, M.A.P, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) 2 Panglima Komando Utama...

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi S.E, M.A.P, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) 2 Panglima Komando Utama (Pang Kotama) TNI Angkatan Laut yakni jabatan Panglima Komando Armada Barat (Pangarmabar) dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), bertempat di Komplek Satuan Koarmabar 1 Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (15/03/2018).

Sertijab 2 Panglima Kotama TNI AL yang diserahterimakan secara militer tersebut adalah Pangarmabar, dari Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S Sos kepada Laksamana Muda TNI Yudo Margono, SE.. M.M., dan Pangkolinlamil, dari Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada Laksamana Pertama TNI Achmad Rivai. SE., M M.

Dalam sambutannya, KSAL mengatakan, sertijab dilakukan dalam rangka Regenerasi Kepemimpinan di Lingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis.

“Koarmabar dan Kolinlamil adalah kotama pembinaan dan operasi TNI Angkatan Laut yang bertugas membina kemampuan SSAT dan potensi maririm menjadi kekuatan pertahanan negara di laut, melaksanakan operasi laut, operasi tempur laut dan proyeksi kekuatan ke darat dalam penegakan kedaulatan dan hukum laut,” ujar KSAL.

Lebih lanjut, KSAL menyampaikan, Kolinlamil mengemban tugas membina kemampuan sistem Angkutan Laut militer dan potensi Angkutan Laut Nasional untuk kepentingan pertahanan negara, serta melaksanakan Angkutan Laut administratif, taktis maupun strategis TNI/POLRI dan melaksanakan bantuan Angkutan Laut dalam rangka pembangunan nasional.

“Perkembangan lingkungan strategis yang diwarnai dengan permasalahan terkait perbatasan antar negara, pengamanan pelayaran, pencemaran Iingkungan dan pelanggaran hukum di laut, penanggulangan bencana alam. Selain itu pemberontakan bersenjata, Separatisme dan Terorisme masih menjadi ancaman serius bagi integritas NKRI. Oleh karena itu, Koarmabar dan Kolinlamil menjadi tumpuan TNI AL dalam menjawab tantangan tugas tersebut,” lugas KSAL.

KSAL mengharapkan segenap personel di jajaran Koarmabar dan Kolinlamil senantiasa menghindari tindakan, sikap dan perilaku yang dapat menyakiti hati rakyat dan menimbulkan antipati.

“Saya juga berharap agar selalu menjalin koordinasi yang harmonis dengan instansi terkait, baik sipil maupun militer, sehingga dapat menjaga dan mendukung terciptanya kerukunan, kesatuan dan harmonisasi di antara segenap komponen bangsa,” ucap KSAL.

KSAL juga mengingatkan agar para petinggi Kotama khususnya Koarmabar dan Kolinlamil selalu mengevaluasi setiap hasil kerja, yang nantinya akan menjadi bahan untuk kearah yang lebih baik.

Ditempat sama, selain sertijab 2 jabatan Pang Kotama, juga diserahterimakan 4 jabatan strategis yakni, jabatan Asisten Operasi (Asops) Kasal diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI IN.G.N. Ary Almadja, S E., kepada Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal dari Mayjen TNI (Mar) Gatot Triswanto kepada Laksma TNI Edi Sucipto SE, M.M. yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Lantamal V Surabaya. Kepala Dinas Material TNI Angkatan Laut (Kadismatal) dari Laksamana Pertama TNI Ir. Aziz lkhsan Bachtiar. M Tr (Han) kepada Laksamana Pertama TNI Kasih Prihantoro, SE., M M., M.Tr (Han) dan Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) dari Laksamana Pertama TNI Manahan Sumorangkir, S E., M Sc., kepada Kolonel Laut (8) Dr. Ivan Yulivan, S E., MM., M.Tr (Han).

Prosesi serah terima jabatan dihadiri para pejabat dari TNI – Polri, lembaga pemerintah, pejabat Angkatan Laut dari negara sahabat, dan ratusan tamu undangan. Dari pantauan jurnalis di lokasi, tampak hadir Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto, Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni, dan Kepala Deputi Bidang Penindakan BNN Irjen Pol Arman Depari.

Seusai upacara serah terima jabatan, acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para pejabat baru dan pejabat lama.(tonmp)

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *