DKI news

DKI news

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Dalam rangka mendukung pengamanan dalam pelaksanaan pemanduan di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura antara TNI AL dan PT. Pelindo I...

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Dalam rangka mendukung pengamanan dalam pelaksanaan pemanduan di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura antara TNI AL dan PT. Pelindo I (Persero), Koarmabar menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Gedung Nanggala Mako Koarmabar, Jakarta Pusat, Rabu (28/03/2018).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Operasi (Asops) Pangarmabar Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, S.T., M.A.P., M.Han., yang diwakili Paban Operasi Koarmabar Letkol Laut (P) Bagus Badari.

Dalam sambutan Asops Pangarmabar yang dibacakan Pabanopsarmabar, menyampaikan seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura merupakan salah satu kawasan terpenting jalur laut di Kawasan Asia Tenggara serta salah satu jalur utama pelayaran dunia, khususnya Asia, yang digunakan untuk menunjang kepentingan ekonomi, sosial, budaya dan militer. Dengan terbentuknya Tripartite Technical Expert Group yaitu 3 Littoral State (Indonesia, Malaysia dan Singapore) bertujuan untuk memastikan pelaksanaan peraturan UNCLOS dan Kedaulatan Littoral State dengan baik di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura yang akan difokuskan pada penggunaan jasa pemanduan di Traffic Seperation Scheme (TSS).

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam kegiatan TFG yang diselenggarakan ini merupakan latihan yang menitik beratkan pada kegiatan diskusi dan ajang bertukar pikiran dengan tujuan meningkatkan keterampilan, profesionalisme serta hubungan antara TNI AL dan PT. Pelindo I (Persero) di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura.

Diakhir amanatnya, Asops Pangarmabar mengharapkan setelah menyelesaikan TFG ini para peserta agar mampu memahami dan mengerti lebih dalam dan mampu mengaplikasikan di lapangan dengan semestinya. Serta untuk menunjang pelaksanaan tugas sehingga tercapai hasil yang lebih optimal.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Paban VI Binkuat Sopsal, Asops Danlantamal IV, Dansatrol Lantamal I, Dansatrol Lantamal IV, Kapuskodalarmabar, Pabanops Guskamlabar, Pamen Sopsal, Para Pasops Lanal dan Perwakilan PT. Pelindo I (Persero) sebagai Koordinator PMO Selat Malaka Bapak Parsaulian Manurung.(tonmp/Disp)

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *